etollpass, OBU untuk Indonesia

Saya menemukan sebuah vlog oleh Ridwan Hanif tentang penggunaan etollpass. Dalam vlog itu, Ridwan Hanif menggunakan sebuah perangkat yang bernama OBU untuk masuk ke jalan Tol tanpa harus menempelkan kartu ke pembaca kartu otomatis. Varian ini menggunakan alat seharga sekitar Rp600.000,00.

Selain etollpass buatan Mandiri ini, ternyata ada juga OBU buatan Telkom bekerja sama dengan Jasa Marga yang bernama T-Pass. Aplikasi ini diklaim lebih cepat dan lebih murah harganya dibandingkan alat OBU versi Mandiri.

Tahun 2017 kemarin muncul pula JM Access (Jasa Marga Access). JM Access kerja sama PT Jasa Marga Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), dan Perum Damri. Untuk awal, 300 unit dipasangkan ke Bis Bandara DAMRI. Ketiga BUMN ini meluncurkan kerja sama yang lagi-lagi menambah standar baru.

Ya, sepertinya alat-alat OBU ini seperti standar CD-R+ dan CD-R- yang dulu saling bersaing. Nampaknya belum ada regulasi untuk menentukan standar mana yang mau dipakai. Walaupun, pemerintah menentukan roadmap untuk mengimplementasi OBU pada masa mendatang.

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Saya seorang yang suka menulis.