This Is America

Donald Glover alias Childish Gambino baru saja mengeluarkan video musik berjudul This is America. Video ini bercerita tentang seseorang bertelanjang dada menari-nari sambil menembaki orang. Video ini merupakan video musik politik dari Childish Gambino.

Pertama, yang saya dapatkan dari video ini adalah bagaimana Amerika Serikat(Donald Glover), berusaha menutup-nutupi kejahatan yang terjadi. Amerika Serikat, seperti juga Indonesia, merupakan masyarakat yang pelupa. Begitu ada tarian yang seru dan viral, mereka pun lupa kasus sebelumnya. Lebih jauh Childish Gambino mengritik bahwa mereka menghargai senjata daripada korban tembakan.

Anak-anak pun dilatih untuk terdistraksi. Mereka senang membuat viral dengan hape mereka sementara di belakang mereka terbakar. Ada orang yang jatuh didorong, namun tarian-tarian viral Childish Gambino seakan menutupinya. Kita takkan sadar kalau tidak benar-benar memperhatikan!

Terakhir, Blackman! Get your money! secara berulang-ulang. Sambil dia menari-nari, mobil-mobil tahun 70an dan seorang model wanita cantik. Video pun menjauh.

Saat ini banyak orang yang lebih suka memrotes sesuatu tetapi tetap terfokus pada mengisi dirinya sendiri.

Saya jadi teringat sama orang-orang yang suka mencela pemerintah tentang banyak pekerja asing yang masuk.

Lo udah melakukan apa sehingga berhak protes gitu?

Paling bilang, “ah, saya cukup membangun keluarga yang sakinah.

Kotoran kerbau!

Mau beralasan apa pun, terakhir kita melihat Childish Gambino dikejar-kejar banyak orang. Menurut interpretasi saya, seberapa kita kuat berargumen, seberapa pun kita menutup-nutupi, tetap faktanya ada reaksi akibat ketidakadilan. Percaya Tuhan atau tidak, kita akan dikejar oleh tanggung jawab karena membiarkan ini semua terjadi.

Reaksi tidak menunda karena alasan apa pun.

Video musik yang keren!

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Saya seorang yang suka menulis.