Setelah Datang ke Kanim Jakarta Pusat

Pada tanggal 10 Maret lalu, saya memberi konfirmasi. Bot WA mereka sempat mati. Tapi, saya bersama beberapa lainnya melaporkan via Twitter. Mereka bahkan menanyakan balik menunggu umpan balik dari saya.

Info notifikasi pendaftaran pun saya dapatkan. Saya pun datang ke Kanim pada tanggal yang ditentukan. Wow, saya terkejut bercampur sedih.

Menurut petugas di sana, untuk perpanjangan paspor, cukup menyertakan foto kopi KTP dan halaman identitas paspor. Keduanya difotokopi satu saja pada kertas A4.

Saya pikir jam proses itu basa-basi, ternyata memang cepat. Masuk ke kantor; mengisi formulir pendaftaran; menunggu antrian panggil; wawancara; kemudian, keluar membawa formulir yang berisi petunjuk pembayaran paspor.

Setelah itu, menunggu 1×24 jam untuk mengirimkan WA ke nomor yang tertera di formulir itu dan mendapatkan kode pembayaran. Lalu, transfer bank untuk membayar. Sekarang tinggal menunggu 5 hari kerja saja.

Sedih, saya izin seharian dari kantor. Bingung mau berbuat apa karena sudah terlanjut izin. Prosesnya tak sampai setengah jam, soalnya. Hahaha….

Tapi, saya bangga sama Kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Luar biasa!

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Saya seorang yang suka menulis.