Gas Meledak Itu Bohong

Pada linimasa Whatsapp tersebar pesan seperti ini:

Info dr karyawan PT. Gas Negara
Setelah kejadian tabung elpiji meledak di Pizza Hut Bekasi juga di beberapa daerah. Maka mari kita lebih berhati2 dan waspada. Jgn sampe menimpah pd kita atau kluarga.
 
TABUNG gas elpiji ada masa kadaluwarsanya. 
Jika anda membeli gas, harap diperiksa terlebih dahulu, kapan TABUNG tersebut berakhir masa pakainya?
Penulisan kadaluwarsa berupa "ALFA CODE". Contoh: "A 16"

A = Januari - Maret
B = April - Juni
C = Juli - September
D = Oktober - Desember

maka A 16 adalah :
Jan - Mar tahun 2016.

Sebarkan pengetahuan ini , barangkali anda bisa menyelamatkan seseorang. Ini penting karena tabung gas yang sudah kadaluwarsa bisa berbahaya.

<<< SEMOGA BERMANFAAT >>>

Kejadian kebakaran baru terjadi memang dua hari yang lalu, tapi pada tahun yang kemarin! Menurut Tim Puslabfor yang dikutip oleh Detik, dugaan sementara kebakaran disebabkan oleh karena regulator tabung gas yang masih menyala. Menurut Kapolsek Pondok Gede:

“Kalau dilihat dari identifikasi tadi yang dilakukan Puslabfor dan dibantu pihak teknisi tadi, kemungkinan memang ada kebocoran, karena ada 1 tabung gas dalam kondisi on. Dalam kondisi on itulah bisa memungkinkan kebocoran dan kebocoran itu ada ruang hampa sehingga diisi oleh gas tersebut,” kata Kapolsek Pondok Gede, Kompol Sukadi pada 24 Oktober 2016 lalu.

Tidak ada sama sekali dikatakan meledak. Saya kesulitan menemukan kesimpulan resmi kepolisian tentang kasus tersebut. Apakah sudah diumumkan?

FPSRussia menguji dengan menembak langsung tabung gas. Pada kondisi normal, tabung gas yang bocor ketika ditembakkan hanya akan menyebabkan kebocoran tanpa ledakan. Untuk membuat efek spesial seperti di film Hollywood, dia memasang peledak dan api yang menyala di sekitar tabung gas tersebut.

Perhatikan pada video tersebut, gas tidak meledak! Namun, gas terbakar ketika terkena api. Jadi, untuk menyebabkan gas menjadi berbahaya, ada dua hal yang harus dilakukan:

  • Pastikan gas bocor secara konstan.
  • Pastikan ada sumber api yang cukup dekat.

Dengan dua kondisi ini baru gas cukup berbahaya karena gas dapat langsung menyala. Untuk mengatasinya, ibu saya dan rekannya sengaja membeli karet penyegel regulator sendiri dan mengganti versi yang dari tabung gas asli. Ternyata, karet bawaan tabung kurang begitu bagus dan menjadi salah satu penyebab kebocoran gas.

Kurang menarik, ya? Ini saya tambahkan saja informasi yang menarik dari waktu itu agar artikel ini menjadi menarik.

  1. Pemerintah sedang giat-giatnya memasarkan gas pengganti minyak. Harga gas untuk industri pun pada masa tersebut sedang digodok.
  2. Gas alam tersandera pemburu rente sehingga harganya mahal.
  3. Gas masih menjadi komoditas ekspor pemerintah.
  4. Sepertinya bulan itu kasus gas merupakan kasus yang menarik untuk dibahas. Hal ini mungkin karena pemerintah sedang giat-giatnya mempromosikan Gas sebagai pengganti minyak tanah.
  5. Pembenahan kepemilikan tambang pun sedang jadi isu yang diangkat.
Jan Peter Alexander Rajagukguk

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Saya seorang yang suka menulis.