Corporate Royalties

Dan Murrel, salah seorang pendiri Screen Junkies dan Wakil Presiden dari Defy Media, perusahaan induk yang membawahi Screen Junkies, mendapat tuduhan beruntun atas skandal seksual di tempat kerja.

Skandal ini terkuak setelah beberapa wanita yang sebelumnya melaporkan kasus ini ke SDM perusahaan tersebut tidak mendapatkan respon yang diperlukan dari perusahaan tersebut. Wanita-wanita ini merasa bahwa Defy seakan-akan hendak menutup-nutupi kasus tersebut dengan tidak memberikan respon yang tepat. Ketidakpuasan inilah yang membuat mereka mempublikasikan cerita mereka ke media sosial (coming out).

Seperti VOC, sebuah korporasi multi-nasional asal Belanda yang pernah menjajah Indonesia, korporasi berdagang melewati batas-batas negara. Pabrik di Tiongkok dan Vietnam, Layanan Pelanggan di India, dan penjualan di seluruh dunia. Itu sebabnya, mereka berusaha untuk menyenangkan berbagai pihak. Mereka biasanya punya kebijakan global yang berusaha memenuhi semua skema kemanusiaan dan norma yang sesuai dengan brand mereka.

Namun, apa yang terjadi ketika salah satu ikon dan pemimpin korporasi melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan?

Kebanyakan perusahaan akan berusaha untuk melindungi orang-orang tersebut. Mereka akan keluar dari SOP dan berusaha untuk sebaik-baiknya memadamkan api tersebut. Tergantung seberapa berkuasa sebuah korporasi dalam negara untuk melakukan koreografi (PR stunts) untuk membuat mereka terbebas dari tanggung jawab.

Mengapa?

Karena mereka adalah ikon perusahaan. Perusahaan berusaha untuk menguntungkan orang-orang ini. Perusahaan digerakkan oleh ide mereka. Mereka yang dibayarkan oleh perusahaan dalam bentuk dividen. Mereka adalah ikon perusahaan. Perusahaan adalah kendaraan mereka.

Mungkin kalau Dan Murrel hanyalah seorang manajer sewaan, ceritanya akan lain dan SDM Defy akan berusaha sebaik-baiknya melakukan investigasi. Tidak langsung dipecat, namun akan ada catatan setidaknya skorsing dengan adanya bukti nyata seperti demikian. Namun, Dan Murrel adalah seorang ningrat dalam perusahaan — seorang pendiri, bahkan!

Kita sering kali mendengar kata chaeobol (재벌) dalam Korea. Cerita-cerita modern tentang bagaimana konflik keluarga-keluarga besar RRT. Bahkan, cerita tentang konspirasi dunia dari keluarga dari etnis tertentu. Satu hal yang pasti dalam cerita-cerita fantastis tersebut: Korporasi merupakan kerajaan yang mereka perintah.

Untungnya, sebagai seorang aristokrat dari kerajaan kecil, Dan Murrel masih bisa tersentuh. Ada banyak lagi kasus yang lain yang dapat terlepas. Misalnya saja, kasus satu daerah di Jawa karena eksplorasi yang gagal.

Tapi itu hanyalah cerita yang lain tentang kerajaan yang lain.

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Jan Peter Alexander Rajagukguk

Saya seorang yang suka menulis.